6 Fasilitas Proyek yang Umum dan Wajib Ada!

Fasilitas proyek merupakan hal yang umum dan penting terpenuhi untuk menunjang kebutuhan hidup para pekerja. Sebuah proyek konstruksi, pertambangan, dan lain sebagainya yang berskala besar membutuhkan fasilitas proyek yang memadai. Hal ini untuk memastikan pelaksanaan tugas berjalan efisien, serta mengutamakan keselamatan untuk melindungi pekerja.

Permasalah dalam proyek konstruksi terutama perihal fasilitas umu dapat dipenuhi dengan bangunan sementara maupun permanen. Jenis bangunan sementara atau modular menjadi pilihan yang popular. Keuntungan menggunakan bangunan modular sebagai fasilitas proyek yaitu konstruksi cepat dan mudah dibongkar jika sudah tidak digunakan.

Bagi Anda yang membutuhkan fasilitas proyek dengan konstruksi modular seperti rumah modular, Tradecorp Indonesia menyediakan berbagai unit modular container untuk kantor proyek, gudang portable, bedeng proyek, dll. Dapatkan penawaran menarik dan informasi lengkap seputar jenis, ukuran, dan modifikasi kontainer sesuai kebutuhan.

6 Fasilitas Proyek yang Umum Tersedia

Fasilitas proyek memiliki beberapa tipe yang masing-masing memiliki fungsinya. Kehadiran tempat tersebut mempermudah para pekerja proyek untuk memenuhi kebutuhan hidup.

1. Kantor Proyek atau Direksi Keet

Kantor proyek atau direksi keet adalah tempat bekerja yang terletak di lokasi proyek dan digunakan para staf untuk menunjang aktivitas seperti meeting, administrasi, atau menyimpan barang penting.

Sebutan direksi keet ini bersifat sementara, karena setelah proyek rampung, maka bangunan ini akan dibongkar. Ukuran kantor proyek ditentukan oleh kebutuhan proyek dan jumlah staf yang bekerja. 

Sebagai pusat komunikasi yang memadai di lokasi proyek, direksi keet harus dibangun dengan memenuhi standar keamanan dan kenyamanan pekerja. Kantor proyek ideal menggunakan bangunan modular yang dibuat menggunakan rangka baja ringan dan dinding sandwich panel yang kokoh. 

2. Mess Karyawan atau Bedeng Proyek

Mess karyawan atau bedeng proyek adalah fasilitas proyek berupa tempat tinggal para pekerja. Tempat ini berfungsi untuk menyediakan tempat istirahat pegawai yang memiliki rumah berjarak jauh. Guna menghemat waktu dan tenaga, mess karyawan hadir sebagai fasilitas yang memadai. 

Mess karyawan modular menjadi opsi menguntungkan menghadirkan tempat tinggal yang nyaman sekaligus dapat dibangun dengan cepat dan biaya terjangkau daripada membangun struktur tradisional. 

3. Toilet

Kebutuhan akan sanitasi sebagai tempat buang air besar dan kecil serta kebutuhan mencuci harus terpenuhi di lokasi proyek atau pertambangan. Kebutuhan sumber daya manusia ini dapat terpenuhi dengan penggunaan toilet modular. 

Toilet modular dapat menggunakan konstruksi modular ataupun modifikasi dari peti kemas standar. Unit tersebut dapat dimodifikasi dengan berbagai fitur tambahan seperti shower, pintu kaca, tirai, gantungan handuk, dll. Toilet modular cepat dan mudah dibangun daripada toilet konvensional. 

4. Gudang Proyek

Proyek konstruksi, pertambangan, manufaktur, dll yang menggunakan berbagai macam mesin serta kebutuhan peralatan tertentu membutuhkan tempat penyimpanan. Gudang proyek adalah salah satu fasilitas proyek yang penting untuk menyimpan dan menjaga peralatan atau mesin dari cuaca buruk hingga pencurian. 

Konstruksi modular dapat memberikan ruang simpan yang cukup dan fleksibel, sehingga kebutuhan pergudangan terpenuhi. Kelebihan dari menggunakan gudang portable yaitu ketahanannya cukup terjaga, sehingga dapat digunakan untuk jangka waktu lama.

5. Pos Keamanan

Fasilitas proyek selanjutnya yaitu pos keamanan yang menjadi ruang penting di lokasi proyek pertambangan, konstruksi, perkebunan, dan lain sebagainya. Pos keamanan portable berfungsi untuk  menjaga lingkungan proyek dapat terjaga dengan baik dan operasional tetap berjalan lancar.

Jenis pos keamanan menggunakan konstruksi modular atau unit portacamp menjadi opsi yang tepat. Unit pos tersebut bersifat portable yaitu dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

6. Unit Pertolongan Pertama

Unit kesehatan untuk pertolongan pertama menjadi fasilitas proyek yang penting. Resiko terhadap para pekerja selama beraktivitas di lokasi proyek dapat terjadi kapan saja dan tak terduga. 

Lokasi proyek bersifat sementara atau dalam jangka waktu tertentu sampai proyek selesai dikerjakan. Penggunaan modular container dapat difungsikan sebagai ruang pertolongan pertama yang dilengkapi dengan peralatan medis. 

Baca Juga: Konstruksi Modular: Pengertian, Keuntungan Serta 3 Jenis Bangunan

Solusi Fasilitas Proyek Cepat, Praktis, dan Terjangkau

Kebutuhan fasilitas proyek yang cepat, praktis dengan biaya terjangkau dibutuhkan oleh industri konstruksi dan pembangunan. Pengembangan metode dan layanan yang efisien menjadi kunci utama dalam memenuhi kebutuhan proyek secara efektif. Ada beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Bangunan modular box menjadi salah satu solusi untuk menghadirkan fasilitas proyek dengan cepat, praktis, dan biaya terjangkau. Unit modular dapat difungsikan untuk berbagai macam kebutuhan ruang, serta fleksibel dimodifikasi. Selain itu, tersedia produk portacamp yang dikhususkan untuk kebutuhan kantor kontainer.

Tradecorp Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa sewa, jual, beli, dan modifikasi peti kemas yang menyediakan pilihan unit modular dan portacamp. Konsultasikan kebutuhan Anda serta ukuran dan tujuan penggunaan untuk mendapatkan unit yang tepat. Tradecorp Indonesia dapat mengirim peti kemas ke berbagai wilayah di Indonesia seperti Jambi, Banjarbaru, Palu, hingga Ternate

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Produktivitas di Tambang

FAQ

Apa Saja Jenis Jenis Proyek?

Terdapat berbagai macam jenis proyek meliputi konstruksi (bangunan, jalan raya, jembatan) engineering manufaktur, penelitian dan pengembangan, dan lain sebagainya, 

Apa Saja Pekerjaan Di Proyek?

Kegiatan di lokasi proyek meliputi berbagai macam pekerjaan. Beberapa bidang yang dapat Anda temui meliputi pemilik proyek, manajer proyek, vendor, konstraktor, manajemen konstruksi, hingga pekerja konstruksi. 

Kapan Proyek Dikatakan Selesai?

Sebuah proyek dianggap selesai dan sampai ke tahap akhir bila konsumen sudah menyatakan bahwa perencanaan atau kegiatan sudah memuaskan dan diputuskan berakhir. Jadi, masa pekerjaan di lokasi proyek tidak dapat ditentukan dengan pasti jangka waktunya. Namun, proyek sudah memiliki jadwal batas waktu dari awal kesepakatan.

Isi Form Berikut Dan Dapatkan Penawaran Harga Terbaik

Informasi Produk

Informasi Personal