UKURAN KONTAINER

Ukuran kontainer adalah suatu hal yang harus ditentukan ketika Anda memutuskan menggunakan peti kemas. Hal ini bertujuan agar Anda tidak membuang-buang uang dan mendapatkan kontainer yang tepat sesuai kebutuhan.

Fungsi Ukuran Kontainer

Kontainer atau peti kemas merupakan sebuah wadah yang digunakan sebagai unit transportasi dalam industri logistik. Perihal tipe, ukuran kontainer, serta kondisinya menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan. 

Hadirnya wadah yang terbuat dari baja ini telah merubah industri perdagangan, terutama dalam hal pengiriman secara signifikan. Kontainer menjadi dasar dari transformasi rantai pasokan, ekonomi nasional dan global hingga budaya. 

Kontainer secara substansial mengurangi biaya pengangkutan kargo menjadi salah satu perkembangan terpenting dalam sejarah perkapalan dan industri maritim. 

Meskipun kelihatannya sederhana, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih peti kemas untuk kargo. 

Anda perlu memikirkan berapa banyak unit yang Anda butuhkan, apakah produk Anda terlalu tinggi atau berbentuk aneh, apakah memerlukan lemari pendingin, forklift untuk memuat, atau faktor lainnya.

Ukuran Kontainer Tradecorp Indonesia

Ukuran Kontainer 20 Feet

Ukuran kontainer 20 feet merupakan salah satu dimensi yang paling umum digunakan. Unit ini memberikan kemudahan dalam ruang gerak karena ukuran tidak terlalu besar, namun tetap dapat mengangkut kargo dalam jumlah yang banyak.

20 feet general purpose container memiliki panjang eksternal 20 feet, dengan lebar 8 feet, serta tinggi 8,6 feet. Adapun volume diukur dalam kubikasi yaitu 33.2 m³. Berat kosong (Tare Weight) unit berkisar 2.130 kg, sedangkan untuk berat bersih (Net Weight) yaitu 28.350 kg Max, dan berat kotor (Gross Weight) hingga 30.480 kg.

Apa Saja yang Dapat Dimuat dalam Kontainer 20 feet?

Perabotan di apartemen yang terdiri dari satu atau dua kamar tidur dapat masuk ke dalam kontainer berukuran 20 kaki. Adapun beberapa contoh barang yang dapat dimuat sekaligus yaitu: 

  • 200 kasur penuh
  • 84.000 pisang
  • Dari 50 hingga 60 lemari es (tergantung ukuran)
  • 400 televisi
  • 2 buah mobil

Ukuran Kontainer 40 Feet

Bagi Anda yang membutuhkan unit transportasi yang lebih besar, peti kemas 40 feet adalah pilihan kedua yang handal dan cukup popular. Dengan dimensi panjang 40 feet, dengan lebar 8 feet, serta tinggi 8,6 feet, unit dapat menampung kargo dalam jumlah besar.

Tonase container 40 feet mempunyai volum kubikasi 67,7 m³. Sedangkan untuk berat kosong (Tare Weight) diangka 3,600 kg, berat bersih (Net Weight) berkisar 26,880 kg, dan berat kotor (Max Gross Weight) hingga 30.480 kg.

Apa Saja yang Dapat Dimuat dalam Kontainer 40 feet?

40 feet container seringkali dapat menampung barang-barang apartemen dua hingga tiga kamar tidur dengan ruang tamu, ruang makan, ruang belajar, dan dapur.

Sebagian besar kendaraan dapat ditampung dalam kontainer 40 feet dan masih cukup untuk memuat barang dari satu unit apartemen dengan satu atau dua kamar tidur.

Ukuran Mini Kontainer

Sebagai salah satu unit serbaguna untuk tempat penyimpanan dan pengiriman barang, kontainer memiliki beberapa ukuran yang tidak biasa. Dimensi ini tentu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peti kemas di ruang yang sempit atau terbatas.

6 Feet Mini Kontainer Tradecorp Indonesia

6 Feet Mini Kontainer

Unit ini adalah kontainer dengan ukuran terkecil yang dapat Anda gunakan sebagai gudang. Mini kontainer 6 feet memiliki panjang 6 feet, dengan lebar 6,5 feet, dan tinggi 6,1 feet. Karena sizenya yang kecil, unit ini memiliki volume: 5.45 m³, dilengkapi dengan data tare weight yaitu 800 kgs, max payload berkisar 4.400 kgs, serta max cargonya 5.200 kgs.

8 Feet Mini Kontainer Tradecorp Indonesia

8 Feet Mini Kontainer

Dalam kategori mini kontainer, ukuran peti kemas 8 feet ini tergolong menjadi dimensi medium. Unit ini memiliki panjang 7,4 feet, dengan lebar 8 feet, dan tinggi 8,2 feet. Volume container ini 9.9 m³. Sedangkan tare weight berkisar 950 kgs, dengan max payload 5.050 kgs, dan max cargo mencapai 6.000 kgs.t.

10 Feet Mini Kontainer Tradecorp Indonesia

10 Feet Mini Kontainer

Ukuran kontainer 10 feet ini menjadi dimensi terbesar dalam jenis mini kontainer. Memiliki dimensi panjang 10 feet, lebar 8 feet, dan tinggi 8,6 feet, unit ini memiliki tare weight 1.250 kgs. Adapun max payload mencapai 10.000 kgs dan max cargo hingga 11.250 kgs.

Dimensi Kontainer dengan Tipe High Cube

Container dengan tipe high cube sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan ukuran standar. Hanya saja, high cube container memiliki ruang tinggi yang berbeda 1 feet dari ukuran biasa yaitu 9,6 feet,

Ukuran container 20 feet dengan tipe high cube memiliki panjang dan lebar yang sama dengan dimensi normal, namun tingginya berbeda yaitu 9,6 feet. Hal tersebut berlaku sama dengan peti kemas berukuran 40 feet. 

Dalam tipe high cube, tersedia ukuran yang sangat besar yaitu 45 feet high cube shipping container. Unit ini menjadi dimensi besar dengan ukuran panjang 45 feet, lebar 8 feet, serta tinggi 9,6 feet. Anda dapat memanfaatkan peti kemas untuk menyimpan dan mengirim peti kemas dalam jumlah yang lebih banyak.

Container dengan ukuran 45 feet high cube memiliki volume 86 m³, dengan berat kosong (Tare Weight) sebesar 4.750 kg, berat bersih (Net Weight) berkisar 27.750 kg, serta berat kotor (Max Gross Weight) di angka 32.500 kg.

Tahukah Anda?

Tahukah Anda bahwa kontainer dapat dimodifikasi menjadi bangunan modular? Ya, Anda dapat memanfaatkan dry container baik kondisi baru maupun bekas untuk digunakan sebagai rumah portable, office kontainer, storage container hingga kolam renang. Oleh sebab itu, menentukan ukuran yang tepat harus disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

Percayakan Ragam Ukuran Peti Kemas hanya di Tradecorp

Tradecorp sebagai perusahaan jual, beli, sewa, dan modifikasi peti kemas menyediakan beragam jenis, kondisi, serta ukuran kontainer sesuai kebutuhan Anda. Dengan informasi seputar container diatas, diharapkan Anda tidak salah dalam memilih unit yang tepat. Hubungi sales Tradecorp di +62-212-294-6966 sekarang untuk berdiskusi mengenai harga serta model peti kemas. 

Lengkapi kebutuhan container Anda hanya pada perusahaan terpercaya seperti Tradecorp. Pengalaman bertahun-tahun menjadikan Tradecorp perusahaan kontainer yang memberikan pelayanan dan produk berkualitas. Hubungi sales Tradecorp sekarang untuk mendapatkan penawaran menarik.